Postingan

LRP? Dari dunia RP?

heyyoooo wassaap gaaesss
gw tau kalo pasti gaada yang liat uploadtan gw di sini huhuhu, sedih bgt npdh. eh iya, gw disini mau ngomongin seputar dunia online. anak anak zaman now pasti tau yekan apa itu RP. yoi! role-play. bukan RIP yee. duh, mau nglawak kagak jadi wkwk. nah, ngomong-ngomong bicara ttg RP, pasti ada dari kalian yang pueeenggeeen buaangeet lrp tapi gabisa. entah karena udah punya banyak fams, ada yang masih kepikiran couple dan lainnya. nah, jujur aja si niye, gw jg sebenernya belum bisa buat ninggalin fakeworld itu. duh, sedih amat npdh. kadang suka kepikiran para barisan fams gw, dan juga kepikiran couple. gw pengennya sih fokus rl gw, dan ga usah ngurus dunia role-play. tapi, udah terlanjur masuk dan susah keluarnya huhu. buat kalian yang gatau Rp, mrndng gausah tau sekalian. soalnya, kalo kalian masuk ke dunia rp, bakal susah keluarnya, percaya deh sama gw. doain gw bisa lrp ok? yodah ye segitu aje dari gw, cuma mau cerita-cerita doang si soalnya gw abis liat pideo…

teleskop

Gambar
Secara umum, sebuah teleskop memiliki 3 buah bagian penting, lensa objektif sebagai pengumpul cahaya dari objek, tabung teleskop, dan lensa okuler sebagai pemfokus cahaya yang dikumpulkan lensa objektif. Lensa okuler ini juga biasa disebut sebagai eyepiece. Sebagaimana tampak pada gambar, cahaya yang datang dari objek akan difokuskan di suatu titik di dalam tabung teleskop (5). Lalu bayangan di titik ini akan menjadi objek bagi eyepiece dan akan diperbesar/diperkuat sehingga kita akan melihat bintang menjadi lebih terang atau bulan/planet menjadi lebih besar. Perbesaran bayangan sebuah teleskop dapat dihitung dengan rumus: (panjang fokus objektif)/(panjang fokus okuler). Dalam prakteknya, lensa objektif dan eyepiece dapat terdiri dari berbagai lensa baik itu cembung, cekung, atau gabungan keduanya. Teleskop ditemukan pada awal abad ke-17 di Belanda namun saat itu belum digunakan untuk keperluan astronomi. Orang pertama yang menggunakan teleskop untuk mengamati objek langit adalah Gal…

mikroskop

Gambar
Mikrospkop hampir sama dengan lup, tetapi mikroskop memiliki kemampuan yang lebih banyak untuk memperbesar bayangan hingga berkali-kali lipat. Mikroskop yang paling sederhana menggunakan kombinasi dua buah lensa positif, dengan panjang titik fokus obyektif lebih kecil daripada jarak titik fokus lensa okuler. Prinsip Kerja Mikroskop Prinsip kerja mikroskop adalah obyek ditempatkan di ruang dua lensa obyektif sehingga terbentuk bayangan nyata terbalik dan diperbesar. Lensa okuler mempunyai peran seperti lup, sehingga pengamat dapat melakukan dua jenis pengamatan yaitu dengan mata tak berakomodasi atau dengan mata berakomodasi maksimum. Pilihan jenis pengamatan ini dapat dilakukan dengan cara menggeser jarak benda terhadap lensa obyektif yang dilakukan dengan tombol soft adjustment (tombol halus yang digunakan untuk menemukan fokus). Kegiatan berikut ini akan memperlihatkan pembentukan bayangan pada mikroskop. Pembentukan bayangan dengan akomodasi maksimum Pengamatan ini menempatkan baya…

kaca pembesar (lup)

Gambar
Pernahkah anda mendengar kata kaca pembesar ?? kaca pembesar bisa disebut juga dengan lup. Tapi tahukah anda pengertian, bagian, cara kerja, dan rumus lup (kaca pembesar) beserta contoh soalnya lengkap. Jika belum mengetahuinya pada kesempatan kali ini akan membahas tentang lup (kaca pembesar secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.
Pengertian Lup (Kaca Pembesar) Lup merupakan alat optik yang terdiri dari sebuah lensa cembung dipergunakan untuk melihat benda kecil supaya tampak lebih jelas atau lebih besar dari ukuran sebenarnya. Lensa cembung pada lup akan membentuk bayangan maya yang diperbesar dari sebuah benda yang diletakkan di antara titik fokus (f) dengan titik pusat lensa. Benda dapat diamati dalam dua keadaaan, yakni ketika mata berakomodasi maksimum dan mata berakomodasi  tidak maksimum. Pada saat mata berakomodasi maksimum, benda harus diletakkan di antara lensa dan titik fokus. Sedangkan, pengamatan benda dengan mata tidak berakomo…

kamera

Gambar
Prinsip kerja kamera adalah menangkap cahaya. Cahaya masuk ke kamera lewat lensa (Subjek dapat dilihat terlebih dahulu melalui viewfinder), difokuskan agar diterima oleh sensor cahaya yang memilah-milah cahaya berdasarkan komponennya. Informasi mengenai konsentrasi komponen cahaya ini diterjemahkan dan diubah menjadi informasi digital untuk kemudian disimpan dalam media penyimpan. Cahaya masuk ke dalam kamera melalui bagian yang disebut lensa. Cahaya dipastikan hanya boleh melalui bagian lensa ini yang berupa lubang (berbentuk lingkaran). Lubang ini ibarat jendela kamera ke dunia luar, dan jendela ini punya ukuran lubang tertentu, persis saat kita membuka mata atau menutup mata. Kamera sendiri juga memiliki komponen untuk mengatur kecepatan si lubang ini membuka saat kita perintahkan. Dengan mengatur dua properties ini, intensitas cahaya yang masuk ke kamera dapat diatur.


Lensa juga berfungsi untuk mengatur supaya cahaya secara tajam difokuskan. Fokus adalah saat kita bisa melihat obyek…