Langsung ke konten utama

cara membuat sampul buku dari kain

Menjahit Sampul Buku

Menjahit Sampul Buku
Klo kamu punya buku yang udah mulai robek covernya & usang , memberi sampul adalah solusi yang mudah untuk membuatnya tampak baru, rapi dan bersih. dan sampul ini bisa pake kertas sampul , kertas kado, plastik bening dan juga dari kain.
Dan  yang ku bahas sekarang adalah membuat sampul dari kain. klo kamu emang mencari tutorialnya .. gak usah bingung cari, karena ku bikin tutorial yang mudah sekali. dan untuk kainnya..   pilih sesuai seleramu. mulai dari kain katun, kanvas, karung goni ( jute/Burlap ),  flannel, Linen dan apaaaa aja … yang penting bisa di jahit ! ^^.
smplbuku
Project menjahit sampul buku ini gak cuman untuk yang udah usang aja kok …Buku bacaan, buku sekolah, novel, buku resep, buku stock, buku baru… semuanya bisa. tinggal pilih aja se-moodnya kamu  yang mana mo dikasihin sampul. dan aku akan ngebantu cara menjahit basicnya. banyak macam cara kok untuk menjahit sampul buku ini, dan bakalnya kamu bisa membuat model ” DIY ” lainnya.
Dan sebagai contoh tutorial ini, aku pake buku tulis kwarto  yang masih kugunakan. langkah awal ukur dulu cover buku … panjang dan lebarnya.
Cara hitung :
Panjang buku + 1 cm ( untuk pinggiran / keliman ) + 1 cm ( untuk memberi kelonggaran, biar kain tidak terlalu ketat/mepet hasilnya nanti). buku yang kupunya ini ukuran panjangnya, 21 cm + 1 cm + 1 cm = 23 cm
sampulbuku01
Dan untuk mengukur lebarnya, lakukan dari depan dan memutar ke belakang, seperti gambar ini. dan cara hitungnya sama :
Lebar buku + 1 cm ( untuk pinggiran/keliman) + 1 cm ( kasih longgar kain biar tidak terlalu ketat/mepet hasilnya). dan buku yang kupunya ukuran lebarnya, 33.5 cm + 1 cm + 1 cm = 35.5 cm
sampulbuku02
Apa aja yang diperlukan untuk menjahitnya,
1. Kain
5. Wood point turner ( alat untuk membantu ujung kain tampak runcing & rapi ), optional
6. Pin needle
bahan
Sekarang , Time to sew ^^
1). Potong kain,
—  35.5 cm x 23 ( 2 pcs ) untuk cover buku bagian luar dan dalam
— 10 cm x 23 cm ( 2 pcs) kain kecil* untuk lipatan tempat masuknya cover buku di bagian dalam
Keterangan * : Bagaimana mengetahui ukuran kain kecil ini?
Klo untuk lebarnya terserah kamu mau berapa cm, bisa 8 cm sampai 15 cm pun oke aja. tergantung besar kecilnya buku…dan untuk panjangnya ngikutin panjang buku yang sudah di tambah 2 cm tadi
sampulbuku03
 2). Ambil kain kecil*, lalu lipat salah satu sisinya dengan ukuran 1 cm dan sematkan jarum pin.
sampulbuku04
3). Lalu jahit,
sampulbuku05
4). sekarang  ambil salah satu kain yang untuk cover ,posisikan kain bagus di atas
sampulbuku06
5). Letakkan kain kecil di sisi kiri dan kanannya … dan posisi kain kecil ini .. kain buruk di atas ( terbalik )
sampulbuku07
6). ambil kain sampul yang satunya, lalu tumpuk di atasnya. posisi kain bagus di bawah… dan kain yang buruk di atas..
sampulbuku08
7). Sematkan jarum pin di seluruh pinggirannya…
DSC02152
8). setelah itu, jahit semua sisinya dengan jarak 1/2 cm dari pinggiran kain. disalah satu sisinya beri ukuran  -+ 6 cm  jangan dijahit.biar lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini… tanda warna hijau di pinggiran itu maksudnya di jahit ya… dan ada di bagian tengah yang tidak terjahit.
sampulbuku09
9).  Potong setiap ujungnya , fungsinya ini biar kain tidak menggumpal di bagian ujung nantinya..
sampulbuku10
10).   balik kain melalui lubang tadi …
sampulbuku11
11). dan sekarang, kita rapiin ujung2 nya dengan wood point turner atau alat apa aja yang tumpul.
sampulbuku12
sampulbuku13
sampulbuku14
12). Klo udah, di setrika ya.. biar jadi rapi.
sampulbuku15
13). langkah terakhir… jahit sekeliling kain bagian depan … jarak jahitannya kasih mepet deket pinggirannya kira-kira 2 mm. pelan-pelan aja ngejahitnya …jahitan ini selain bikin rapi hasil sampul kain, juga berfungsi menutup lubang yang belum terjahit tadi..
DSC02211
sampulbuku16
dan sekarang waktunya sampul di pasang ^^
DSC02213
sampulbuku17
gimana ? apa kamu suka ?
sampulbuku18
sampulbuku
DSC02200
dan ini salah satu model jahitan sampul buku yang lain …
sampulbukumodel
DSC02198
Thank You! 🙂

sumber:
https://craftbymood.com/menjahit-sampul-buku/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS-JENIS HASIL PENGOLAHAN SEREALIA

GERAK TAKSIS TUMBUHAN

GERAK NASTI TUMBUHAN