Hasil pengolahan gandum

Berikut adalah hasil pengolahan gandum:

1. Roti Tawar Gandum (Whole Wheat Bread) 
Resep diadaptasikan dari Blog Whole Wheat Bread Recipe

Untuk 1 loyang loaf

Bahan:
- 330 gram tepung gandum utuh (whole wheat)
- 220 ml air hangat
- 50 ml susu cair
- 6 sendok makan minyak zaitun
- 1 1/2 sendok teh garam halus
- 2 sendok teh ragi instan, pastikan masih fresh dan cek tanggal kedaluarsa
- 6 sendok makan madu atau bisa diganti dengan gula pasir

Cara membuat:
Siapkan mangkuk ukuran besar, tuangkan tepung gandum, tambahkan ragi instam. Aduk dan pastikan ragi tercampur rata dengan tepung. 

Resep Homemade Roti Gandum JTT

Dalam mangkuk terpisah campur air hangat, garam, susu cair, minyak zaitun dan madu. Aduk hingga rata dan larut.  
Resep Homemade Roti Gandum JTT

Buat lubang di tengah tepung, tuangkan campuran susu ditengah-tengah tepung. Biarkan cairan terserap. Dengan menggunakan spatula aduk hingga semua cairan terserap dan tepung menjadi basah. 

Resep Homemade Roti Gandum JTT
Resep Homemade Roti Gandum JTT

Siapkan meja datar atau talenan, taburi dengan tepung. Lumuri tangan anda dengan sedikit minyak atau tepung dan mulailah anda menguleni adonan. Dengan menggunakan ujung jari angkat tepi adonan dan tarik ke tengah kemudian dorong adonan menjauhi badan anda dengan menggunakan pangkal telapak tangan. Lakukan berulang kali dan rubah sudut adonan setiap kali anda menguleninya agar semua adonan mendapatkan perlakukan yang sama. Dengan menggunakan spatula plastik, kikis adonan yang lengket di permukaan meja/talenan. Uleni adonan hingga menjadi halus dan elastis. Jika ditarik adonan masih putus-putus maka teruskan kembali menguleni adonan. Adonan dianggap jadi jika terasa lembut dan mudah untuk dibentuk karena elastis. Karena tepung gandum utuh  maka adonan tidak se-elastis dan sehalus jika menggunakan tepung terigu. 

Resep Homemade Roti Gandum JTT
Resep Homemade Roti Gandum JTT

Bentuk adonan menjadi bola yang halus, olesi permukaannya dengan minyak zaitun. Letakkan di dalam mangkuk dan tutup permukaan mangkuk dengan plastik wrap atau kain bersih. Jika anda menggunakan kain maka pastikan mangkuk cukup tinggi sehingga ketika adonan mengembang tidak akan menempel di kain. Istirahatkan adonan selama + 1 jam atau hingga adonan mengembang 2 kali lipat.

Resep Homemade Roti Gandum JTT
Resep Homemade Roti Gandum JTT

Kempiskan adonan dengan meninjunya, kemudian uleni kembali adonan selama + 15 menit. Lebarkan adonan dengan menekannya menggunakan telapak tangan dan ujung jari. Tekuk sisi kiri dan kanan adonan kemudian gulung adonan hingga menjadi satu gelondongan. Tekan-tekan dan rapikan sehingga adonan agak memanjang dan pas untuk dimasukkan ke dalam loyang loaf. Usahakan tinggi adonan merata dan seimbang. Masukkan adonan ke dalam loyang, tutupi permukaan loyang dengan plastik wrap atau kain bersih. Biarkan selama 30 - 60 menit atau hingga adonan mengembang dan naik kira-kira 13 cm dari permukaan loyang. 

Resep Homemade Roti Gandum JTT

Panaskan oven, set di suhu 200'C. Olesi loyang loaf dengan mentega 

Jika panas oven telah stabil + 15 menit.  Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven dan bakar selama + 50 menit, setelah 20 menit tutup permukaan roti dengan alumunium foil agar permukaannya tidak terlalu kecoklatan/gosong. Roti dianggap matang jika kita ketuk pada dasar roti maka terdengar seperti suara berongga atau kosong. 

Resep Homemade Roti Gandum JTT
Resep Homemade Roti Gandum JTT

Keluarkan roti dari oven, diamkan 5 menit kemudian keluarkan dari loyang dan dinginkan di rak kawat. Setelah dingin, potong-potong roti dengan menggunakan pisau yang tajam. Nah, roti siap anda santap dengan aneka selai atau... dibuat sandwich. Hmm, yummy!



2.Mie Gandum / Soba Mie Homemade


Bahan-bahan

4 porsi
  1. 250 gram Tepung Gandum
  2. 100 cc Air
  3. 1/2 sdt Garam
  4. Untuk pelapis:
  5. secukupnya Tepung Tapioka

Langkah

  1. Tepung gandum,garam dan air di campur sampai rata,airnya sedikit demi sedikit ya uleni,tekstur agak kasar ya.ini bisa pake tangan manual or pake mesin giling.saia pake mesin giling πŸ˜…πŸ˜…,biar cantik.Harus digiling berkali2 (±20x) sampe berasa agak kering.giling lipat giling terus sampe teksturnya oke. kalo pinggiran bergrindil lipat kedalam baru giling biar ga banyak remah2
  2. Mesin giling saia yg tebal uk 7 saia giling sampe uk 5.soalnya tiap mesin beda ketebalannya. kalo misalnya di giling bentuk mie nempel.adonan di ulenin lagi giling ulang yah mom. saia giling setelah setengah saia pegang bagian yg sudah digiling biar rapi. lumayan pegel juga natanya di rak #udatuwir
  3. Untuk versi kering saia lebih recommend yah soalnya saia kurang suka pake tapioka kebanyakan. kalo direbus mienya kuahnya kayak lem 😫😫.pada saat merebus mie harus pake air yg banyak setelah matang langsung bilas pake air dingin. Soba kebanyakan di konsumsi dingin. tapi balik ke selera masing2 koq 😝😝
  4. Saia pake ini yah beli di toko bahan kue atau supermaket india.. kalo supermaket biasa ga semua ada jual sekarang ada kemasan @1kg yg baru warna merah saia pas ke prj beli lagi πŸ˜‚πŸ˜‚ #baladaibukibuk
  5. Kalo mau jemur pake gantungan baju juga bisa yah,di cuci dan keringkan dulu sebelumnya, saia pake bekas gantungan rak di toko ini buat sarapan td pagi hasilnya cantik buk ibuk 😍



    3. Resep Oatmeal Choco Bowl Mini

    Sumber: loveandoliveoil.com

    Bahan-bahan:
    5 sdm quaker oatmeal biru
    1/4 sdt baking powder
    1/4 sdt garam
    1 sachet milo
    1 sdt unsalted butter
    1 sdm messes
    4 sdm susu cair

    Cara membuat:
    1.  Blender 5 sdm oatmeal sampai jadi tepung.
    2.  Campur bahan kering (di mug besar / bowl kecil) : tepung oatmeal, baking powder, garam & milo drink. aduk rata.
    3.  Masukkan unsalted butter yang sudah dilelehkan, susu & meises. Aduk rata.
    4.  Masuk microwave 1 menit 30 detik.



    4. Resep Overnight Oatmeal With Fruits

    Sumber: iowagirleats.com

    Bahan-bahan:
    5 sdm oat
    1 sachet susu bubuk, seduh
    1/2 botol yoghurt cimory plain
    Buah-buahan sesuai selera

    Cara membuat:
    1.  Potong dadu pear dan iris pisang, kupas jeruk biarkan daging buahnya utuh.
    2.  Campurkan oat, susu, dan 1/4 yoghurt. Aduk merata.
    3.  Siapkan jar (bisa pakai tupperware atau toples makanan). Masukkan campuran oat, buah, dan 1/4 yoghurt secara bergantian. Misalnya, pertama masukkan oat, kemudian pear, yoghurt, oat, jeruk, yoghurt, oat pisang, yoghurt.
    4.  Setelah selesai diamkan semalaman di kulkas dan paginya bisa untuk sarapan.'



    sekian dari saya,, follow and comment ok? :p


    sumber: 
    http://www.justtryandtaste.com/2011/01/membuat-roti-gandum-sendiri-di-rumah.html
    http://www.cicicookies.com/2016/04/15-resep-oatmeal-untuk-diel-sehat-dan-praktis.html
    http://www.cicicookies.com/2016/04/15-resep-oatmeal-untuk-diel-sehat-dan-praktis.html
    https://youtu.be/apEz4IB5Kgc
    https://youtu.be/pmEc-ppK8ks






Komentar

Postingan populer dari blog ini

GERAK TAKSIS TUMBUHAN

bab 3 ~ struktur dan fungsi buah dan biji

GERAK TROPISME BESERTA CONTOHNYA