penyedap

Penyedap Adalah

Penyedap adalah bahan sintetis hasil olahan kimia, umumnya dari tanaman tebu, yang digunakan untuk memperkuat rasa pada masakan. Penyedap umumnya disebut monosodium glutamat atau disingkat MSG. Penyedap mengandung kadar garam yang relatif tinggi sehingga penggunaannya harus dibatasi. Penyedap biasanya digunakan secara instan agar masakan seketika berasa lezat dengan takaran bumbu yang sedikit. Biasanya penyedap digunakan untuk keperluan pembuatan kuliner dalam jumlah besar misalnya jasa katering. Penyedap berbentuk bermacam-macam, ada yang berbentuk kristal halus, granul, kubus, sirup, dan sebagainya. Bahkan saat ini penyedap telah ditambah dengan berbagai rasa supaya lebih pas untuk penggunaan spesifik dalam masakan tertentu. Penyedap tidak boleh dimakan langsung karena dapat merusak pencernaan. Penyedap banyak dijual di pasaran dengan harga sangat murah. Perlu Anda perhatikan takaran penyedap dalam masakan agar masih dalam batas aman.

Fungsi

Penyedap saat ini hanya diketahui fungsinya sebagai penyedap masakan saja. Untuk penggunaan lain di bidang kesehatan, penyedap tidak bisa dikaitkan dengan fungsi pengobatan. Namun, penyedap bisa memberikan rasa lebih lezat dalam makanan sehingga dapat berpengaruh terhadap nafsu makan seseorang. 
Penyedap bisa digunakan di seluruh jenis masakan. Penyedap cukup ditambahkan di akhir pengolahan atau ketika pembuatan bumbu. Penyedap mampu menyeimbangkan dan mengikat rasa dari elemen-elemen bumbu dasar yang ditambahkan. Masakan akan lebih mantap rasanya dengan tambahan penyedap ini. Rasa yang awalnya tidak terlalu terasa akan ditonjolkan oleh penyedap.

Cara Mengolah

Penyedap hendaknya disimpan dalam wadah kering karena bila disimpan dalam kondisi lembab, penyedap akan basah dan menggumpal serta rawan bakteri. Masa kadaluarsa penyedap harus dipantau karena penyedap tidak terlalu menunjukkan tanda-tanda bahwa sudah lewat tanggal kadaluarsa. Hal yang perlu Anda perhatikan lagi adalah takaran dalam penyedap.
Bila Anda mempunyai anak bayi atau balita sebaiknya hindari konsumsi penyedap. Untuk anak-anak dan dewasa, penyedap hendaknya diberikan dalam masakan yang matang buka diberikan mentah. Anda hanya perlu menambahkan seperempat sendok teh dalam satu panci olahan masakan untuk keluarga. Takaran tersebut sudah cukup menambah cita rasa masakan. Bila bumbu Anda sudah mantap, usahakan seimbangkan rasa dari tambahan garam dan gula saja sebelum penyedap. Sebaiknya untuk masakan rumahan, penyedap diberikan ketika rasa tidak berubah ketika sudah diseimbangkan dengan bahan alami.



sumber:
https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwilge-qvOLWAhULtJQKHSkTAd4QjRwIBw&url=https%3A%2F%2Fwww.dream.co.id%2Ffresh%2Falternatif-bahan-penyedap-pengganti-vetsin-alternatif-bahan-penyedap-pengganti-vetsin-141006h.html&psig=AOvVaw2QKujZbEEbErnnp0PC1a_p&ust=1507601753059765
http://www.kerjanya.net/faq/18270-penyedap.html
https://youtu.be/DnzOZkm6ous

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS-JENIS HASIL PENGOLAHAN SEREALIA

GERAK TAKSIS TUMBUHAN

GERAK NASTI TUMBUHAN