GERAK NASTI TUMBUHAN

Gerak nasti adalah bergeraknya sebagian tubuh tumbuhan akibat rangsangan dari luar tetapi arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Berdasarkan jenis rangsangannya pergerakan nasti dibedakan menjadi niktinasti, fotonasti, dan tigmonasti atau seismonasti.

1. Gerak niktinasti
Menguncupnya daun tumbuhan Leguminoseae (kacang-kacangan) menjelang petang akibat perubahan tekanan turgor pada tangkai daun disebut gerakan niktinasti. Niktinasti adalah gerakan nasti tumbuhan akibat rangsangan dari lingkungan yang terjadi pada malam hari.
Contoh gerak niktinasti pada daun lamtoro, saat malam daun akan tertutup dan tampak layu (gambar kiri), dan saat siang kembali terbuka (gambar kanan)
Contoh gerak niktinasti pada daun lamtoro, saat malam daun akan tertutup dan tampak layu (gambar kiri), dan saat siang kembali terbuka (gambar kanan)

2. Gerak fotonasti
Mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada sore hari disebut gerakan fotonasti. Fotonasti adalah pergerakan nasti tumbuhan akibat rangsangan cahaya.
Contoh gerak fotonasti tumbuhan pada bunga pukul empat (Mirabilis jalapa)
Contoh gerakan fotonasti tumbuhan pada bunga pukul empat (Mirabilis jalapa)

c.3. Gerak seismonasti
Gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) saat disentuh disebut gerakan seismonasti. Seismonasti atau tigmonasti adalah gerakan nasti tumbuhan yang dipengaruhi oleh getaran atau sentuhan.
Contoh gerak seimonasti pada daun putri malu (Mimosa pudica)
Contoh gerakan seimonasti pada daun putri malu (Mimosa pudica)

4. Gerak termonasti
Bunga tulip selalu mekar di musim semi. Mekarnya bunga tulip tersebut disebabkan oleh suhu udara pada musim semi lebih hangat dari musim dingin. Pergerakan mekarnya bunga tulip pada musim semi disebut gerakan termonasti. Termonasti adalah pergerakan nasti tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan yang berupa suhu.
Contoh gerak termonasti pada tumbuhan bunga tulip
Contoh gerakan termonasti pada tumbuhan bunga tulip

5. Gerak nasti kompleks
Contoh gerak tumbuhan lainnya seperti gerakan membuka dan menutupnya stomatakarena pengaruh kadar air, cahaya, suhu, dan zat kimia (protein dan gula) adalah contoh pergerakan nasti kompleks. Nasti kompleks adalah gerakan tumbuhan akibat rangsangan yang diterima lebih dari satu macam.
Contoh gerak nasti kompleks pada stomata
Contoh gerakan nasti kompleks pada stomata

sekian, terimakasih.






sumber video: https://youtu.be/lzdXX19Jnc8
sumber gambar dan teks: https://www.plengdut.com/tiga-macam-gerak-pada-tumbuhan/80/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS-JENIS HASIL PENGOLAHAN SEREALIA

GERAK TAKSIS TUMBUHAN