HASIL PENGOLAHAN JAGUNG

Heyy!!! ketemu lagi sama sayaa,, dipost kali ini saya bakal bahas ttg hasil pengolahan jagung.

A. Tepung jagung

CARA MEMBUAT TEPUNG JAGUNG

BAHAN-BAHAN

  • Jagung secukupnya

ALAT-ALAT PEMBUATAN TEPUNG JAGUNG

  • Alat Pemipil Jagung
  • Blender
  • Ayakan atau Penyaring

CARA MEMBUAT TEPUNG JAGUNG

  1. Pertama-tama hal yang dilakukan untuk pembuatan tepung jagung adalah pemilihan jagung. Jagung yang dipilih haruslah jagung yang sudah berumur tua. Jagung yang tua akan menghasilkan kualitas tepung yang baik.
  2. Langkah berikutnya, jagung harus dikupas kulitnya dan dibersihkan dari serabut rambut jagungnya.
  3. Jemurlah jagung menggunakan tenaga matahari langsung, kemudian jika sudah kering, pipilah jagung menggunakan mesin pemipil jagung. Yang dimaksud pemipilan jagung di sini adalah proses pelepasan biji jagung dari bonggolnya.
  4. Proses selanjutnya adalah haluskanlah biji jagung menggunakan blender hingga lembut. Pastikan tidak ada biji jagung yang masih kasar sehingga dalam pemblenderan dapat dilakukan berulang-ulang hingga mendapatkan hasil yang benar-benar lembut.
  5. Pisahkan menggunakan ayakan atau penyaring jika masih ada biji jagung yang kasar. Biji jagung yang kasar tersebut masih dapat diblender ulang sehingga tidak perlu dibuang.
  6. Jemur kembali di bawah sinar matahari langsung biji jagung yang sudah menjadi tepung tersebut untuk mengurangi kandungan air yang ada di dalamnya.
  7. Tepung yang sudah dijemur dan tidak lembab sudah dapat langsung digunakan!
Nah itu tadi cara membuat tepung jagung. Caranya sangat mudah sekali, bukan? Bagi anda yang sudah bisa membuat tepung jagung sendiri namun masih bingung untuk membuat olahan makanan apa, yuk simak lagi berikut ini, ya!

OLAHAN DARI TEPUNG JAGUNG

Makanan yang dibuat dari tepung jagung banyak sekali, lho! Yang pertama adalah nasi jagung. Nasi jagung mudah sekali dibuat. Anda hanya perlu mencampurkan tepung jagung dengan larutan bumbu hingga rata. Setelah itu, kukus adonan selama kurang lebih 30 menit.
Olahan berikutnya dari tepung jagung ini adalah kerupuk jagung. Wow, ternyata kerupuk bisa dibuat dari jagung, ya! Unik sekali, bukan? Caranya juga sangat mudah. Pertama-tama buatlah nasi jagung terlebih dahulu, giling dalam penggilingan mie, potong-potong dengan ukuran sesuai selera, keringkan, selama dua hari. Jadilah kerupuk jagung yang siap digoreng dengan minyak!
Selain untuk nasi jagung dan kerupuk jagung, tepung jagung juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengental makanan cair, saus, hingga untuk membuat sirup jagung.
Namun selain untuk olahan makanan, ternyata tepung jagung juga bermanfaat untuk kulit, lho! Contohnya adalah untuk rambut yang berminyak, mengobati kulit terbakar, sebagai masker wajah, hingga mengobati ruam popok.

B. TORTILA
  1. 1
    Persiapkan bahan-bahannya. Resep ini bisa untuk membuat 8 lembar tortilla. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat tortilla yang lezat:
    • 500 gr tepung terigu
    • 1 sdt soda kue
    • 1 sdt garam
    • 250 ml air (dapat diganti dengan susu hangat untuk tekstur yang lebih halus)
    • 60 gr mentega putih atau lemak babi
  2. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 1
    2
    Campur tepung terigu, garam dan soda kue di dalam mangkuk sedang atau besar. Pastikan bahwa mangkuk Anda cukup besar untuk menampung semua bahan-bahan.
  3. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 2
    3
    Masukkan mentega putih atau lemak babi dan campur hingga tidak menggumpal. Gunakan “pastry cutter” atau alat pengaduk adonan, atau garpu, dan jangan terlalu banyak mengaduk adonannya.
  4. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 3
    4
    Buat lubang di tengah-tengah campuran bahan-bahan kering tersebut.
  5. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 4
    5
    Tambahkan air sekitar 125 ml, tuang seluruhnya sekaligus dan aduk rata hingga menjadi adonan.
  6. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 5
    6
    Aduk adonan tersebut hingga lembut. Adonan harus sedikit lengket namun tidak boleh keras. Anda bisa menambahkan sedikit air atau tepung terigu jika dibutuhkan.
  7. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 6
    7
    Tutupi adonan dan diamkan selama 10 menit agar soda kue bereaksi dan membuat adonan menjadi mengembang.
  8. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 7
    8
    Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan sebesar telur.
  9. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 8
    9
    Pipihkan adonan bola-bola tersebut hingga membentuk diameter 15 cm menggunakan “rolling pin” atau penggilas adonan. Taburkan tepung terigu di atas permukaan alas sebelum Anda memipihkan adonan.
  10. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 9
    10
    Panaskan panci penggorengan dengan api sedang. Anda bisa oleskan minyak, lemak, atau mentega ke dalam wajan namun hal tersebut opsional.
  11. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 10
    11
    Masak tortilla selama 30 detik hingga 1 menit di satu sisinya. Jika mulai muncul gelembung-gelembung, maka tortilla tersebut sudah matang.
  12. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 11
    12
    Balik tortilla dan masak selama beberapa detik. 20-30 detik dirasa cukup.
  13. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 12
    13
    Lanjutkan hingga semua adonan selesai dimasak.
  14. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 13
    14
    Lakukan percobaan dengan rasa tortilla yang berbeda-beda. Beberapa sentuhan sederhana dapat menambahkan rasa rempah-rempah, tajam, atau manis ke dalam resep dasar tortilla sederhana ini.
    • Tambahkan sedikit kayu manis dan gula ke dalam resep ini, maka Anda akan mendapatkan tortilla yang manis dengan sensasi kayu manis. Goreng tortilla jika Anda mau dan tambahkan bubuk gula dan kayu manis setelah tortilla ditiriskan.
      Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 13Bullet1
    • Tambahkan sedikit bubuk cabai chipotle atau “chipotle peppers” dan sambal “adobo” untuk menambahkan sensasi pedas pada resep tortilla terigu Anda.
      Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 13Bullet2
    • Tambahkan beberapa potongan tomat kering untuk rasa gurih dan lezat pada resep tortilla terigu Anda. Tortilla ini akan menjadi teman santap yang sempurna bagi taco ikan atau ayam dengan saus “mole” khas Meksiko.
      Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 13Bullet3

2
Tortilla Jagung

  1. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 22
    1
    Siapkan bahan-bahan. Resep ini bisa untuk membuat 24 lembar tortilla. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat tortilla jagung yang lezat:
    • 250 gr tepung jagung “masa harina” (jika bisa yang bermerk Maseca)
    • 375 ml air
    • 1/2 sdt garam kosher
  2. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 14
    2
    Campur tepung jagung masa dan garam di mangkuk berukuran sedang.Pastikan bahwa tepung dan garam tercampur rata.
  3. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 15
    3
    Masukkan air sedikit demi sedikit dan campur rata hingga membentuk adonan.
  4. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 16
    4
    Aduk hingga adonan mulai terbentuk. Adonan harus kenyal dan padat, tetapi juga terasa sedikit kering, seperti tekstur lilin mainan “play-doh”.
    • Tambahkan lebih banyak air dengan sendok makan jika adonan dirasa terlalu kering; tambahkan tepung masa jika adonan terlalu basah.
      Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 16Bullet1
  5. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 17
    5
    Ambil adonan sebanyak satu sendok makan penuh, pipihkan adonan menjadi bulatan kecil. Ingat bahwa tortilla jagung biasanya lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan tortilla terigu.
    • Gunakan cetakan tortilla yang dilapisi plastik untuk bentuk tortilla yang sempurna.
      Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 17Bullet1
    • Jika Anda tidak memiliki cetakan tortilla, gunakan penggilas adonan.
      Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 17Bullet2
  6. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 18
    6
    Periksa konsistensi adonan sebelum memasak tortilla. Jika adonannya pecah-pecah maka adonannya terlalu kering dan perlu ditambahkan air. Jika adonannya menempel pada plastik di cetakan atau penggilas adonan maka adonannya terlalu basah dan perlu ditambahkan tepung “masa”.
    • Ini akan menjadi kesempatan terakhir Anda untuk mendapatkan konsistensi adonan yang tepat sebelum memasak tortilla.
      Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 18Bullet1
  7. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 19
    7
    Putuskan apakah Anda ingin memipihkan semua adonan sebelum dimasak atau memipihkannya ketika Anda ingin memasaknya. Tortilla tidak memerlukan waktu yang lama untuk matang, jadi Anda mungkin perlu memipihkan semua adonannya sebelum memasaknya. Jika Anda memiliki cetakan tortilla, Anda memiliki cukup waktu untuk mencetak tortilla ketika sedang memasak.
  8. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 20
    8
    Panaskan panci penggorengan yang terbuat dari besi atau “cast-iron pan” dengan api sedikit besar. Panci penggorengan yang terbuat dari besi dapat mendistribusikan panas dengan merata dan cepat sehingga cocok digunakan untuk memasak tortilla, tapi Anda juga bisa menggunakan panci anti lengket sebagai gantinya.
  9. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 21
    9
    Oleskan tortilla dengan minyak dan letakkan di atas panci penggorengan untuk dimasak. Masak selama 1-2 menit di satu sisinya, atau hingga sedikit hangus dan pinggirannya mulai bergelombang. Balik tortilla dan masak lagi selama 15 detik. Angkat tortilla dari penggorengan.
    • Jika menggunakan panci penggorengan besi, Anda bisa memasak beberapa tortilla secara bersamaan.
      Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 21Bullet1
  10. Gambar berjudul Make Your Own Tortillas Step 22
    10
    Ulangi prosesnya hingga adonan habis. Jaga agar tortilla tetap hangat dengan membungkusnya menggunakan serbet dapur jika disajikan secara langsung.

Tips

  • Menjaga panci penggorengan panas membuat tortilla matang dengan cepat. Jika tortilla Anda gosong sebelum matang, kecilkan sedikit apinya.
  • Membuat tortilla yang lezat membutuhkan latihan. Jika Anda melakukannya terus Anda akan menjadi lebih handal.
  • Jika Anda tidak menyukai tortilla yang lembut, Anda dapat menghilangkan soda kue dari resep.
  • Jika Anda ingin membuat tortilla yang lebih sedikit, gunakan setengah dari takaran bahan-bahan.
  • Jika Anda tidak memiliki penggilas adonan, Anda bisa menggunakan botol kecil atau bahkan gagang sapu!
  • Cetakan tortilla kecil bisa didapatkan di toko peralatan masak orang Latin.
  • Jika Anda ingin memanggang tortilla, oleskan minyak di adonan tortilla yang sudah dicetak dan panggang di dalam oven dengan temperatur tinggi selama 4 menit.

Peringatan

  • Simpan tortilla di dalam kantong plastik di dalam lemari pendingin. Namun karena tidak menggunakan bahan pengawet, tortilla hanya dapat bertahan beberapa hari di tempat penyimpanan.
  • Tortilla tradisional lebih sering dibuat menggunakan masa atau tepung jagung yang ditumbuk. Anda harus menyesuaikan takaran semua bahan-bahan dalam resep jika Anda menggunakan masa karena terdapat perbedaan tekstur antara masa dan tepung terigu.

C. CAKE JAGUNG MANIS
Resep Cake Jagung Manis

Cake jagung manis ini sebenarnya telah lama saya buat, tepatnya seminggu yang lalu saat Ririn, sepupu saya, datang ke rumah Pete untuk belajar memasak. Selain cake jagung manis ini, masakan lainnya yang dibuat di Amatir Cooking Class ala saya kali ini adalah Pizza Goreng Isi Daging Cincang. Jika anda berminat silahkan klik disini untuk mengetahui informasinya lebih lanjut. Sebenarnya pada minggu itu, sejak pagi hari kepala saya telah berkecamuk dengan aneka resep yang akan dicoba, waktu itu semangat memasak membumbung tinggi karena ada teman yang bersedia menjadi volunteer untuk icip-icip dan tentu saja.... mencuci perabotan kotor. 

Pilihan saya akhirnya jatuh ke cake jagung manis yang pernah saya coba buat beberapa waktu yang lalu dan berakhir gagal. Sebenarnya itu murni kesalahan saya yang malas melihat resep dan sok menciptakan rumus sendiri. Alih-alih menjadi cake yang mengembang cantik yang terbentuk adalah cake bantat yang mirip dengan bingka jagung manis yang ternyata lembut dan yummy. Tentu saja ini menurut para tester di kantor yang hanya mengenal dua macam rasa pada makanan yaitu enak dan enak sekali. ^_^

Resep Cake Jagung Manis
Resep Cake Jagung Manis

Membuat cake jagung manis ini sebenarnya cukup mudah, walaupun saya mati-matian berusaha menghindar untuk menggunakan mikser namun terpaksa saya keluarkan juga alat pengocok ini karena pertama agar sesuai dengan instruksi resep dan kedua kejadian gagal cake jagung manis versi pertama masih terbayang di depan mata. Walau secara umum bahan-bahan yang saya gunakan tidak berbeda dengan resep aslinya namun takarannya akhirnya saya modifikasi karena porsi jagung manis kalengan yang saya gunakan cukup banyak. Entah karena modifikasi ala saya atau karena memang seperti ini lah cake jagung manis yang dihasilkan, yang jelas tekstur cake ini tidak lembut tetapi kenyal. Sehingga ketika digigit, tidak sebagaimana cake yang lembut dan hancur di mulut, cake ini sedikit memberikan perlawanan. Mungkin ini karena resep cake ini sama sekali tidak menggunakan minyak atau mentega/margarine di dalamnya. Hmm, jadi lebih sehat dan irit kan. ^_^

Resep Cake Jagung Manis
Resep Cake Jagung Manis

Teman-teman kantor berkomentar 'sedap' karena sensasi kenyalnya (namun yah, anda tahu kan dengan motto teman-teman kantor saya jika berurusan dengan makanan? ^_^) dan walau saya agak setuju dengan pendapat mereka, namun tetap saja rasa tidak percaya diri menghantui. Jadi dengan berat hati saya pun menuliskannya di judul dengan kata-kata not so yummy cakeYep, ini untuk mengantisipasi jika ada di antara anda yang mencoba mempraktekkan resepnya dan merasa cake ini memiliki tekstur yang tidak sesuai dengan harapan. Bagi anda yang penasaran apakah cake ini bisa dikukus dan dipanggang, jangan khawatir, saya telah mencoba keduanya dan hasilnya tetap oke. Separuh adonan saya masukkan ke loyang segi empat untuk dikukus sedangkan sisanya saya masukkan ke loyang donat untuk dipanggang. Dari segi rasa, saya akui versi panggangnya lebih sedap. 

Bagi yang ingin tetap mencobanya, berikut resepnya ya. 

Resep Cake Jagung Manis

Cake Jagung Manis
Resep diadaptasikan dari blog Happy Flour, Steamed Sweet Corn Cake

Untuk 2 loyang cake ukuran 20 x 20 cm

Bahan:
- 200 gram jagung manis kalengan, haluskan
- 250 gram tepung terigu serba guna (mis. Segitiga Biru)
- 1 sendok teh baking powder (pastikan fresh, cek masa kedaluarsanya, sebaiknya menggunakandouble acting BP)
- 1/2 sendok teh baking soda
- 3 butir telur, kocok lepas
- 160 gram gula pasir
- 120 ml santan kental/susu cair (saya menggunakan santan kental instan ukuran 65 ml yang saya encerkan dengan air hingga menjadi sebayak 120 ml)

Cara membuat:

Resep Cake Jagung Manis

Haluskan jagung manis menggunakan food processor atau blender atau ulekan biasa. Sisihkan. 

Jika anda akan memanggangnya, maka panaskan oven, set disuhu 175'C, letakkan rak pemanggang di tengah oven. Olesi loyang dengan margarine dan alasi dasar loyang dengan kertas minyak. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan bahan kering (tepung terigu, baking powder, baking soda), aduk rata. Sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur dan gula, kocok dengan kecepatan tinggi hingga kembang, kental dan berwarna putih pucat.  Matikan mikser. Masukkan santan, aduk adonan menggunakan spatula hingga tercampur rata.

Resep Cake Jagung Manis
Resep Cake Jagung Manis

Tuangkan tepung terigu, bagi dalam 3 tahapan, aduk rata. Masukkan jagung manis yang telah di haluskan, aduk menggunakan spatula hingga menjadi adonan yang tercampur baik.

Tuangkan adonan ke loyang yang telah dialasi dengan kertas minyak, kukus dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya hingga airnya mendidih. Tutup permukaan dandang dengan kain bersih kemudian tutup dengan penutup dandang. Kukus selama 45 menit hingga cake matang. Jangan membuka kukusan selama cake dipanggang.

Atau masukkan ke oven dan panggang selama 40 menit hingga cake matang, anda juga bisa memasukkannya ke dalam cetakan donat seperti yang saya lakukan. 

Resep Cake Jagung Manis



Sekian dari saya,, terimakasihh :D

Sumber: http://www.infopeluangusaharumahan.com/cara-membuat-tepung-jagung/
               http://id.wikihow.com/Membuat-Tortilla-Anda-Sendiri
    http://www.justtryandtaste.com/2012/04/cake-jagung-manis-not-so-yummy-cake.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ORGAN PENCERNAAN TAMBAHAN

JENIS-JENIS HASIL PENGOLAHAN SEREALIA

lampu dari batok kelapa