GERAK TROPISME BESERTA CONTOHNYA

Gerak Tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerak tropisme dibedakan menjadi dua, yaitu gerak tropisme positif dan negatif. Tropisme positif adalah gerak tumbuhan mendekati sumber rangsang, sedangkan tropisme negatif adalah gerak tumbuhan menjauhi rangsang.

Berdasarkan rangsang yang mempengaruhinya, gerak tropisme dibedakan menjadi lima macam yaitu :

A. Fototropisme
 Gerak Fototropisme adalah gerak tumbuhan ke arah cahaya. Contoh fototropisme yaitu gerak bunga matahari menuju arah datangnya matahari. Bisa dilihat di foto dibawah ini.


                      https://www.asmaraku.com/blogs/baca/174997575-fakta-unik-bunga-matahari
B. Tigmotropisme
Gerak Tigmotropime adalah gerak membelit ujung batang tumbuhan akibat bersentuhan dengan ajir atau batang tumbuhan lain. Tigmotropisme juga disebut haptotropisme. Contoh tigmotropisme yaitu membelit tanaman kacang panjang, mentimun, DLL.

Image result for membelit tanaman timun

C. Geotropisme
Gerak Geotropisme adalah gerak tumbuhan menuju arah gravitasi bumi ( geotropisme positif ) atau menjauhi gravitasi ( geotropisme negatif ). geotropisme juga disebut Gravitropi. Contoh ( geotropisme positif ) adalah gerak ujung akar kepusat bumu dan ( geotropisme negatif ) gerak batang menjauhi pusat bumi.




D. Hidrotropisme
Gerak Hidrotropisme adalah gerak tumbuhan menuju air. Contoh, yaitu gerak ujung akar menuju tempat berair.

E. Kemotropisme
Gerak Kemotropisme adalah gerak tumbuhan ke arah rangsang berupa zat kimia. Contoh, yaitu gerak ujung akar menuju ke tempat yang mengandung banyak mineral.

sekian dari saya, terimakasih


sumber teks: http://ipasmpmts.blogspot.com/2014/08/gerak-tropisme-dan-contoh-contohnya.html
sumber gambar:   https://www.asmaraku.com/blogs/baca/174997575-fakta-unik-bunga-matahari
                            https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRjiRN-TFKEBMZb3GXoQ3dujXMcfejyDKQm9jmzwyq3jRbyvT3dujoQgr8cScYNLaQEoCMjfHiXOAr8zsBOFaukkOc3pT3_wVBBjLpOEof3uIZExXtjnhpLofeLebrYJa8JyaAbV3yTWRc/s1600/KeSimpulan+Mekanisme+Ulir+Sulur+Tanaman+Mentimun.jpg
                            https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhppp-GTXByNs6-Ifbv0YqEo49qbV5Yfl5Q6quvBAToNQfcPs3VQ5wPwedx3w7jfWI_wzepVrfsHtCDbQfVzeYekyMiCuBVR3F-eerQSoWMWj7ltQqpX9wJKY8NtXzzHp6WN92TYNLcfDki/s1600/geotropisme.png
sumber video: https://youtu.be/iajO_RbZZ2s

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GERAK TAKSIS TUMBUHAN

bab 3 ~ struktur dan fungsi buah dan biji